Pages

Tuesday, March 11, 2014

Ciri-Ciri Umum Kingdom Plantae (Tumbuhan)


Perhatikanlah gambar hamparan tumbuhan yang terdapat di bawah. Maka sejauh kita memandang yang terlihat hanyalah hamparan tumbuhan hijau. Itulah pemandangan di dataran yang dipenuhi oleh berbagai macam tumbuhan. Tumbuhan memang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap hari kita makan berbagai jenis tumbuhan sehingga kita dapat tetap hidup.

Hamparan Tumbuhan
Hamparan Tumbuhan
(sumber gambar : green.kompasiana.com)

Namun demikian, kadang-kadang pernahkah kita berpikir apa sebenarnya yang membedakan tumbuhan dengan kelompok organisme yang lain? dan apakah yang menjadi ciri khas yang menyebabkan suatu jenis organisme dikelompokkan ke dalam jenis tumbuhan. Untuk lebih jelasnya kita akan lihat pada uraian berikut ini mengenai ciri-ciri umum kingdom plantae (tumbuhan).

Ciri-Ciri Umum Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Kingdom Plantae merupakan kingdom yang anggota kelompoknya terdiri atas organisme yang telah mempunyai membran inti (eukairot) dan terdiri atas banyak sel (multiseluler). Tumbuhan sebagai organisme autotrof mampu memenuhi semua kebutuhan hidupnya melalui proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis tersebut, karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dan air (H2O) diubah menjadi molekul organik, yaitu karbohidrat dan oksigen (O2).

Dalam suatu ekosistem, tumbuhan berfungsi sebagai komponen dasar dari semua habitat yang ada di muka bumi, dengan membuat molekul organik yang akan mengalami siklus melalui suatu jaring-jaring makanan. Kemampuan tumbuhan untuk berfotosintesis, menjadikannya sebagai sumber makanan bagi semua anggota kingdom animalia di permukaan bumi sehingga mereka dapat bertahan hidup.

Salah satu ciri penting yang terdapat pada sel tumbuhan ialah dinding sel yang sangat berbeda dengan dinding sel organisme bersel satu. Pada tumbuhandinding sel terbuat dari selulosa. Dinding sel membuat struktur sel tumbuhan menjadi kuat. Ciri lain yang terdapat pada sel tumbuhan yaitu terdapatnya vakuola yang besar dan berfungsi sebagai penyimpan cadangan air dan bahan kimia lainnya, sebagai tempat pembuangan hasil metabolisme sel, dan tempat penyimpanan racun atau pigmen bunga. Sel tumbuhan merupakan satu-satunya sel organisme yang mengandung kloroplas. Organ inilah yang berfungsi menyelenggarakan proses fotosinteisis.

Struktur Sel Tumbuhan
Struktur Sel Tumbuhan
(sumber gambar : micro.magnet.fsu.edu)

Jumlah organisme yang termasuk dalam kingdom plantae terdiri atas ± 260.000 spesies yang terbagi ke dalam beberapa divisi. Ada berbagai jenis pengelompokan tumbuhan yang dihasilkan oleh para ilmuwan. Salah satu jenis pengelompokan tumbuhan adalah seperti bagan di bawah ini.

Bagan Pengelompokan Jenis Tumbuhan
Bagan Pengelompokan Jenis Tumbuhan
Dengan begitu banyaknya jenis tumbuhan yang ada di bumi kita ini, hal tersebut dapat menambah rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan berbagai tumbuhan tersebut, dan dengan sepantasnya maka kita sebagai sesama makhluk Tuhan maka harussaling  menjaga dan merawatnya.

No comments:

Post a Comment